Posted by: marselazy | December 28, 2009

Pulau Sembilan Kalimantan Selatan Masih Terisolir

Kecamatan Pulau Sembilan, yang terdiri dari lima desa dan memiliki sekitar 21 pulau-pulau besar dan kecil sekitar 22 mil sebelah selatan Kotabaru, Kalimantan Selatan beberapa pekan terakhir terancam terisolir.

Kapal perintis yang biasa melayani pelayaran di wilayah kecamatan yang berbatasan dengan wilayah Jawa Timur tersebut akhir-akhir ini tidak lagi beroperasi karena masa kontraknya telah habis.

“Mungkin sudah hampir dua minggu ini kapal perintis sudah tidak beroperasi di wilayah kami,” kata seorang warga Desa Tengah, Pulau Sembilan, Nursainah.

Tidak beroperasinya kapal perintis itu telah memicu kenaikan biaya transportasi dan berdampak pada naiknya harga barang kebutuhan sehari-hari.

Dalam kondisi normal biaya transportasi ke Kotabaru dengan menggunakan kapal perintis biasanya hanya Rp25 ribu per orang. Namun belakangan ini mencapai jutaan rupiah.

“Karena kapal perintis tersebut disubsidi pemerintah. Sehingga warga hanya dikenakan tarif Rp25 ribu per orang,” katanya.

Betapa terkejutnya warga, kata Nursainah, ketika kapal perintis tidak beroperasi biaya transportasi melonjak tajam menjadi Rp1-2 juta untuk sekali berlayar.

“Tidak ada kapal yang berani berlayar dari Pulau Sembilan ke Kotabaru selain kapal nelayan pemancing (penges),” ujarnya.

Ia mengatakan, biaya carter dari Pulau Sembilan untuk ke Lontar Pulau Laut Barat Kotabaru Rp1 juta, sedangkan ke Batulicin Rp2 juta satu kali jalan.

Selain biaya mahal, warga juga mengkhawatirkan keselamatan saat berada di tengah laut, karena sebagian kapal nelayan tersebut tidak dilengkapi dengan alat keselamatan yang lengkap.

Hal itu yang terkadang membuat pemilik kapal dan nahkoda kapal dipersalahkan oleh petugas saat merapat di dermaga/pelabuhan karena mereka membawa penumpang dengan tidak melengkapi sarana keselamatan seperti jaket pelampung.

Sumber : pemekaran daerah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: