Posted by: marselazy | December 28, 2009

Permintaan Kacang Hijau Di Medan Meningkat

Harga kacang hijau lokal di Medan, pekan ini, mulai bergerak naik karena pasokannya yang berkurang sementara permintaan konsumen cenderung meningkat.

Pedagang kacang hijau di Pusat Pasar Medan, Sino, Senin, mengatakan, kenaikan harga kacang hijau dari sebelumnya Rp12.000 per kg kini mencapai Rp14.000 per kg.

“Harga kacang hijau terus bergerak naik pada akhir Desember 2009 disebabkan produksi lokal yang menurun sehingga pasokan untuk pedagang juga berkurang. Sementara kacang hijau impor banjiri pasar Medan dan banyak diminati konsumen,” katanya.

Dia menjelaskan, dengan naiknya harga itu cukup memberatkan usaha dagangannya, karena keuntungan yang didapat juga sedikit, apalagi bahan kebutuhan lainnya juga naik, seperti gula pasir, minyak goreng, beras dan lainnya.

Harga kacang hijau yang naik itu, disebutkan dia, karena produksi dan pasokan dari Kabupaten Kabanjahe dan Langkat, Sumut sering tidak stabil dengan alasan panen yang juga tidak stabil.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Program Dinas Pertanian Sumatera Utara, Ir Lusyantini MM, mengakui berdasarkan data, produksi kacang hijau pada angka ramalan (aram) III 2009 turun atau diperkirakan hanya sebesar 4.227 ton dari 5.493 ton dibanding produksi angka tetap tahun lalu.

“Produksinya yang menurun itu juga disebabkan penurunan luas panen dari tahun lalu yang 5.160 hektare menjadi 3.941 hektare pada aram III,” katanya.

Sumber : pasar daerah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: