Posted by: marselazy | December 28, 2009

Pengusaha Penerbangan Harus Upayakan Kualitas Pelayanan

Pengusaha maskapai penerbangan dalam negeri harus bekerja keras meningkatkan kualitas pelayanan agar tim komisi Eropa akhirnya mencabut larangan terbang bagi maskapai Indonesia secara penuh mulai 2010.

Langkah itu penting dilakukan untuk memajukan dunia pariwisata nasional, mengingat usaha transportasi udara memegang peranan penting dalam meningkatkan pangsa pasar pariwisata Indonesia dari negeri Eropa, kata pengamat Pariwisata Bali Made Kawiana di Denpasar, Jumat.

Pemerintah Indonesia berkepentingan untuk itu sehingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat bertemu dengan Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Durao Barroso pekan lalu mengharapkan pencabutan larangan terbang bagi maskapai Indonesia secara penuh bisa dilakukan pada 2010.

Sebagaimana dilaporkan 13 Juli 2009, Eropa mencabut larangan terbang bagi 4 maskapai Indonesia ke Eropa yakni Garuda, Mandala, Premiair dan Airfast. Sedangkan sejumlah maskapai lainnya bisa mendapatkan ijin terbang ke Eropa yakni Lion Air, Metro Batavia, Indonesia Airasia, dan Travira Air.

Tim komisi Eropa tentu tidak akan tinggal diam dan tetap memantau maskapai penerbangan tersebut dalam operasional sehariannya, oleh sebab itu peningkatkan kualitas pelayanan dinilai sangat penting dalam menuju proses pencabutan tersebut, kata Kawiana.

Ia menyebutkan, wisatawan Eropa yang datang berlibur ke Bali semakin ramai, apalagi adanya penerbangan langsung dari negara-negara Eropa ke Indonesia termasuk ke Bandara Ngurah Rai dan sebaliknya.

Dengan demikian diyakini jumlah kunjungan turis asing asal Eropa akan meningkat terus karena keamanan dan kenyamanan berlibur ke pulau Dewata semakin terjamin.

Sementara Dinas Pariwisata Bali mencatat wisman asal Eropa yang terbang langsung ke Bali Januari-Oktober sebanyak 505.761 orang atau memberikan kontribusi sebesar 26,8 persen dari total kunjungan turis ke Bali 1.883.858 orang.

Sumber : potensi daerah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: