Posted by: marselazy | December 28, 2009

Pemerintah Bantu Pembangunan Bandara Barut Rp150 Miliar

Pemerintah pusat alokasikan bantuan dana untuk pembangunan bandara baru di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara (Barut) Kalimantan Tengah tahun 2010 sebesar Rp150 miliar.

“Ratusan miliar itu untuk lanjutan pembangunan bandara yang kini telah dilakukan pembukaan lahan untuk pembuatan landasan pacu (run way),” kata Bupati Barito Utara, Achmad Yuliansyah di Muara Teweh, Senin.

Menurut Yuliansyah, bantuan pembangunan bandara baru di lahan seluas 180 hektare tersebut dilakukan dua tahap yakni tahap pertama Rp50 miliar dan kedua Rp100 miliar dari dana APBN tahun depan.

Pemkab Barito Utara, kata dia, menargetkan pembangunan bandara baru itu selesai tahun 2012 mendatang, menggantikan Bandara Beringin Muara Teweh yang tidak bisa dikembangkan lagi karena berada di kawasan pemukiman penduduk.

Untuk menyelesaikan pembangunan bandara itu sesuai rencana, selain didukung melalui APBD kabupaten dan pemerintah pusat. Pemerintah di kabupaten pedalaman Sungai Barito itu juga mengharapkan mendapat bantuan dari Pemprov Kalteng.

“Meski tahun 2010 tidak ada bantuan, namun tahun 2011 tetap kami mengharapkan dikucurkan dana melalui APBD Kalteng guna penyelesaian pembangunan sesuai rencana,” katanya.

Direncanakan bandara yang lebih refresentatif ini mampu didarati pesawat jenis Fokker-28 dengan panjang landasan pacu sekitar 2.900 meter , kemudian lebar 40 meter lebih di lahan seluas 120 hektare, kawasan taxy way, apron dan kantor 40 hektare.

Bandara baru ini dibangun selain untuk penerbangan umum ,juga akan dijadikan bandara pendukung pertahanan militer wilayah Kalimantan.

“Selain menjadi bandara komersial, pembangunan lapangan terbang ini nantinya akan menjadi markas pendukung pesawat TNI AU,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Barito Utara, Tenggara mengatakan pada tahun 2010 pihaknya telah mengusulkan dana pembangunan bandara melalui APBD kabupaten sebesar Rp5 miliar.

Sumber : investasi daerah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: