Posted by: marselazy | December 28, 2009

Mentan: Segera Keluarkan Pergub/Perbup Distribusi Pupuk

Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mendesak kepada pemerintah daerah tingkat provinsi maupun kabupaten untuk segera mengeluarkan peraturan gubernur/bupati mengenai distribusi pupuk bersubsidi.

Hal itu diungkapkannya ketika melakukan temu wicara dengan para petani di Kabupaten Indramayu Jawa Barat, Sabtu terkait keluhan petani yang masih kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi.

Menurut menteri, pihaknya menerima laporan produsen pupuk tidak bisa mendistribusikan sarana produksi tersebut karena terkendala belum adanya peraturan gubernur (pergub) maupun peraturan bupati (perbup) mengenai distribusi pupuk bersubsidi.

“Peraturan Menteri (Pertanian) mengenai distribusi pupuk bersubsidi sudah dikeluarkan pada November lalu. Jadi kalau ada masalah disribusi itu di pergub ataupun perbup,” katanya.

Suswono menyatakan, ketersediaan pupuk bersubsidi saat ini melimpah di gudang produsen sehingga sebenarnya tidak ada alasan jika sampai terjadi kelangkaan di tingkat petani.

Oleh karena itu, tambahnya, pihaknya meminta gubernur/bupati untuk segera mengeluarkan pergub/perbup terkait hal itu karena tidak ada dasarnya untuk tidak segera mengeluarkan peraturan tersebut.

“Sudah kita sampaikan beberapa waktu lalu, Permentan sudah keluar mohon ditindaklanjuti dengan Pergub dan Perbup, karena tidak ada alasan lagi untuk tidak mengeluarkan,” katanya.

Menanggapi kekhawatiran petani terhadap kenaikan harga pupuk bersubsidi, Mentan menegaskan setidaknya hingga Maret 2010 tidak akan ada kenaikan harga eceran tertinggi (HET) komoditas tersebut.

Sumber : penanaman modal daerah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: