Posted by: marselazy | December 28, 2009

Menara Air Tirtanadi, Ikon Khas Kota Medan

Menara Air? Mungkin bagi sebagian orang tidak ada yang istimewa dengan menara air. Namun tidak demikian di kota Medan, Sumatera Utara. Bagi warga kota medan, Menara Air Tirtanadi bukan hal yang biasa, tetapi merupakan obyek sejarah dan sebagai simbol khas kota Medan.

Ikon Khas kota Medan ini adalah Bangunan Menara Air yang kini menjadi milik Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirtanadi. Ketika anda akan memasuki kota ini dari arah selatan melalui jalan Sisingamangaraja, anda akan disambut dengan pemandangan puncak menara Tirtanadi sebagai tangki penyimpanan air bersih kebutuhan warga kota sejak jaman Kolonial Belanda (Tahun 1908) sampai sekarang. PDAM Tirtanadi menyediakan juga fasilitas air minum yang langsung bisa diminum oleh masyarakat kota Medan yang sedang melintas di fasilitas ini.

Menara Air di Medan ini tingginya 42 meter dan beratnya 330 ton. Sampai sekarang masih berfungsi dengan  baik, dikelola oleh PDAM Tirtanadi. Inilah menara penyalur air bersih pertama yang dibangun oleh Deli Maatschappij tahun 1908. Nama perusahaan pengelolanya, Waterleiding Maatschappij Ajer Beresih (dari sinilah muncul kata air leding). Walau sebenarnya sudah punya distribusi air bersih, menara ini sengaja dibangun sebagai landmark kota Medan (waktu itu bangunan tinggi belum banyak).

Setiap tanggal 8 september, dirayakan ulang tahun pembangunan Menara Air ini yang diisi dengan kegiatan gerak jalan, bazar, dll. Pada perayaan ulang tahun yang ke 100, yaitu tahun 2008, dilakukan renovasi Menara Air.

Mungkin anda tertarik untuk naik ke puncak menara air agar dapat melihat suasana sekitar kota medan? Hal itu sulit dilakukan karena tidak ada lift atau tangga khusus yang didesain untuk naik ke puncak menara. Lagi pula, tidak sembarangan orang yang diijinkan untuk melakukannya selain petugas yang ditunjuk.. sang petugas pun harus bersusah payah memanjat tangga hingga ke atas.

Jadi bukan sembarang menara air, tapi menjadi simbol yang penting dan bermanfaat, karena itu tidak ada salahnya anda berkunjung ke Menara Air Tirtanadi, saat datang ke kota Medan.

Sumber : daerah pariwisata


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: