Posted by: marselazy | December 28, 2009

Kancing Tempurung Kelapa Diminati Jepang

Hasil kerajinan kancing dari tempurung kelapa Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) sangat diminati masyarakat Jepang yang ditandai pengiriman sekitar 300 motif produksi industri dalam tahun ini.

“Kancing tempurung kelapa ternyata sangat cocok digunakan pada pakaian khas Jepang seperti Kimono dan baju adat lainnya, untuk itu mereka minta kiriman dalam jumlah cukup banyak,” kata pemilik Uka Handicraft Minahasa pada Pameran Dewan Kerajinan Nasional Daerah(Dekranasda) Sulut, Michael Tampi, di Manado, Senin.

Michael mengatakan, pembeli dari Jepang sebelumnya telah meminta beberapa sampel, kemudian setelah dicocokkan dengan motif pakaian adat Jepang, sangat cocok, makanya mereka langsung mengajukan pesanan.

Pengrajin kancing tempurung kelapa lainnya, Juni Paputungan, mengatakan, memilih produk kerajinan ini untuk dikembangkan karena bahan baku tersedia dalam jumlah cukup banyak.

“Tempurung kelapa belum dimanfaatkan maksimal oleh petani, untuk itu adanya permintaan Jepang membuka peluang pengembangan produk ini secara besar-besaran,” kata Juni.

Guna menarik minat pasar Jepang tumbuh lebih tinggi, katanya pada awal Februari nanti akan membawa beberapa produk kancing tempurung tersebut untuk diperkenankan lebih mendalam dalam suatu pameran.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Gemmy Kawatu, mengatakan, pasar industri kerajinan Sulut semakin terbuka menyusul perbaikan kualitas oleh para pengrajin.

“Hasil industri kerajinan semakin berkualitas, terutama proses akhir semakin baik, hal ini berdampak pasar semakin tertarik beli produk kerajinan Sulut,” kata Juni.

Gemmy mengatakan hasil kerajinan menjadi sangat penting ditengah program pemerintah daerah yang ingin memajukan pariwisata.

“Para turis yang datang ke suatu daerah pasti akan mencari suvenir untuk dibawa pulang, makanya produk kerajinan akan terus didorong baik kuantitas maupun kualitas,” kata Gemmy.

Sumber : perkembangan daerah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: