Posted by: marselazy | December 28, 2009

Budidaya Perikanan Dongkrak Perekonomian Nelayan NTB

Kehidupan sebagian petani nelayan di Nusa Tenggara Barat (NTB) identik dengan kemiskinan dan lekat dengan kondisi serba kekurangan, mereka selalu bergelut dengan berbagai persoalan kehidupan, karena sumber penghasilan mereka senantiasa tergantung dari kondisi alam.

Di kalangan warga desa pesisir di NTB dikenal istilah “piring terbang” . Ketika tiba musim barat perabotan rumah tangga terpaksa dilego untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena mereka tidak bisa melaut. Inilah potret kehidupan sebagian besar nelayan di daerah ini.

Kondisi yang cukup memprihatinkan ini mengundang perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB, karena itu berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya petani kecil dan nelayan, di antaranya melalui pengembangan budidaya perikanan baik budidaya perairan laut maupun perairan darat atau perairan air tawar.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB, H Muhammad Ali Syahdan mengakui kondisi kehidupan sebagian masyarakat di daerah ini serba kekurangan terutama dari segi ekonomi, karena itu dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2009-2013 telah ditetapkan berbagai program guna meningkatkan perekonomian para nelayan.

Dalam rencana kerja tahun 2009 Dinas Perikanan dan Kelautan NTB telah menetapkan program strategis bidang keluatn dan perikanan, antara lain pengembangan sumberdaya perikanan dengan prioritas kegiatan mengembangkan kawasan budidaya laut, budidaya air tawar dan budidaya air payau.

Program strategis tersebut dihajatkan untuk meningkatkan skala usaha budidaya laut, darat atau air tawar dan air payau. Nampaknya upaya ini mampu mendongkrak perekonomian sebagian petani nelayan terutama yang ada di desa pesisir.

“Kini pendapatan perkapita nelayan NTB mulai meningkat menjadi Rp3,72 juta per kapita per tahun, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nasional sebesar Rp1,5 juta per kapita per tahun, namun kita masih harus kerja keras untuk meningkatkan pendapatan perkapita petani dan nelayan di daerah ini,” ujarnya.

Sumber : kemandirian daerah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: