Posted by: marselazy | December 9, 2009

Pemerintah Upayakan Tingkatkan Daya Saing

Sejalan dengan upaya penundaan pemberlakuan bebas tarif untuk beberapa sektor dalam kerangka kawasan perdagangan bebas atau Free Trade Area (FTA) ASEAN-China, pemerintah akan merumuskan beberapa langkah guna meningkatkan daya saing.

Menteri Perindustrian MS Hidayat di Istana Negara, Jakarta, Rabu, mengatakan langkah yang bisa dilakukan pemerintah di antaranya adalah penurunan tingkat suku bunga untuk meningkatkan daya saing dunia usaha serta restrukturisasi di beberapa sektor industri seperti restrukturisasi mesin pada industri tekstil.

Hidayat meyakini restrukturisasi seperti itu dapat berjalan cepat dalam waktu satu tahun mendatang karena anggaran pemerintah untuk keperluan tersebut sudah tersedia.

“Setelah saya pelajari, penurunan tarif itu penting, masalah tarif itu penting. Tapi lebih penting lagi tindakan pemerintah untuk membuat daya saing dunia usaha meningkat. Misalnya tingkat suku bunga. Rata-rata di semua negara ASEAN, apalagi China, itu di bawah 7 persen, kita kan 14 persen. Nah, itu mesti ada upaya khusus, itu antara lain problematik,” tuturnya.

Baca Selanjutnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: