Posted by: marselazy | December 9, 2009

Pemerintah Alokasikan Gas Natuna Buat Domestik

Pemerintah akan mengalokasikan produksi gas dari Blok Natuna D Alpha, Kepulauan Riau buat memenuhi kebutuhan domestik sesuai ketentuan yang berlaku.

“Sesuai aturan, gas diprioritaskan buat dalam negeri. Namun, perlu pula dilihat hitungan ekonominya. Apakah mesti dikombinasikan dengan ekspor, agar secara ekonomi bisa masuk dan proyek berjalan,” kata Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, lapangan seperti Natuna yang memiliki cadangan gas besar, berlokasi di dekat perbatasan, dan keterbatasan pasar domestik menerima produksi dalam skala besar dan berjangka panjang, maka kombinasi domestik dan ekspor bisa menjadi pilihan.

Sedang, lanjutnya, bagi lapangan gas dengan skala kecil dikhususkan buat domestik.

Sesuai PP No 55 Tahun 2009 tentang Hulu Migas, kontraktor wajib menyerahkan 25 persen hasil produksi minyak dan gas dari bagiannya ke domestik.

PP tersebut juga menyebutkan, jika tidak ada kebutuhan gas bumi domestik atau setelah adanya kebutuhan gas domestik, namun tidak tercapai kesepakatan produsen dan konsumen sesuai keekonomiannya, maka gas bisa diekspor setelah mendapat persetujuan Menteri ESDM.

Pemerintah melalui sidang kabinet terbatas pada 2008 sudah memutuskan pengalihan hak pengelolaan Blok Natuna kepada Pertamina setelah berakhirnya kontrak dengan ExxonMobil.

Sesuai aturan, kalau Pertamina sendiri yang mengelola, maka porsi bagi hasilnya 60 persen buat pemerintah dan 40 persen Pertamina.

Namun, Pertamina kini telah menyatakan akan mencari mitra untuk mengembangkan Natuna.

Setidaknya ada dua alasan BUMN itu mencari mitra yakni membutuhkan teknologi yang tinggi dan dana yang besar.

Baca Selanjutnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: