Posted by: marselazy | December 9, 2009

Kalteng Potensial Untuk Pengembangan Tambang Emas

Lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) potensial dijadikan lokasi pertambangan emas dan sudah banyak pertambangan logam mulia digarap masyarakat.

Syamsul, seorang penambang di Palangkaraya, Selasa mengemukakan, penambangan emas sudah sejak lama marak di Kalteng, terutama di kawasan Kereng Pangi.

Selain itu penambang emas rakyat juga banyak terdapat di hulu Sungai Barito, hulu Sungai Kahayan, Sungai Rungan, dan sungai-sungai lainnya yang membuktikan Kalteng potensi tambang emas di provinsi ini sangat besar.

Sedangkan sebuah perusahaan besar yang bergerak dalam penambangan emas adalah PT Indomoro yang berada di wilayah Kabupaten Murung raya.

Penambangan emas oleh rakyat, kata Saymsul, dewasa ini tidak lagi hanya manual pakai alat tradisional tapi sudah menggunakan alat mekanis dan hasil yang diinginkan bukan hanya emas tetapi juga pasir puya (zirkon) yang harganya cukup menguntungkan.

Penambangan emas sekaligus tambang puya ini menyebar di mana-mana menggunakan masin penyedot hingga menimbulkan persoalan lingkungan.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Pertambangan Kalteng, terdapat sekitar 7.000 unit mesin untuk penambang emas dan puya di seluruh Kalteng.

Penambangan emas dan puya ini berada di Kabupaten Kapuas, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Barito Utara, dan kabupaten lainnya.

Baca Selanjutnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: