Posted by: marselazy | December 9, 2009

“Fish For School” Tingkatkan Konsumsi Ikan NTB

Potensi sumberdaya keluatan dan perikanan di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang cukup besar belum mampu meningkatkan konsumsi ikan di daerah ini, terbukti hingga tahun 2008 baru mencapai 24,60 kilogram per kapita per tahun, masih rendah dibandingkan dengan angka rata-rata nasional yang mencapai 26 kg per kapita per tahun.

Bahkan jauh lebih rendah dibandingkan tingkat konsumsi ikan di negara tetangga, seperti Thailand mencapai 35 kg per kapita per tahun, Malaysia 45 kg per kapita per tahun, Singapura 60 kg per kapita per tahun, Korea Selatan 85 kg per kapita per tahun dan Jepang telah mencapai 110 kg per kapita per tahun.

Relatif rendahnya konsumsi ikan masyarakat di NTB merupakan salah satu penyebab indeks pembangunan manusia (IPM) daerah ini masih berada di papan bawah, yakni pada peringkat 32 dari 33 provinsi di Indonesia.

“Hal ini sangat memprihatikan. Mestinya sebagai salah satu lumbung Ikan nasional tingkat konsumsi ikan di Bumi Gora (NTB) seharusnya tingkat konsumsi ikan NTB lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lain,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan NTB, H Moh Ali Syadan.

Baca Selanjutnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: