Posted by: marselazy | December 1, 2009

Budidaya Kerang Hijau Di Cirebon

Nelayan kota Cirebon saat ini berupaya meningkatkan pendapatan dengan cara membudidayakan kerang hijau yang banyak terdapat disepanjang pantai kota tersebut.

“Budidaya kerang hijau merupakan salah satu upaya meningkatkan pendapatan nelayan karena bisa dipanen setiap bulan bahkan setiap hari,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Cirebon Odi Suyadi kepada wartawan di Cirebon, Selasa.

Dikatakannya, budidaya kerang hijau tersebut tahap pertama dilakukan di 20 unit bagan, dan hasilnya setelah empat bulan mencapai 1 ton per unit.

Apabila harga rata-rata Rp2000 per kilogram, maka satu unit bisa menghasilkan pendapatan Rp2 juta.

Panen kerang hijau bila diupayakan secara intensif, bisa dilakuan tiap hari, katanya seraya menambahkan satu unit bagan dipelihara oleh 10 nelayan.

Pembuatan baganpun sangat gampang hanya menancapkan kayu ditengah pantai sebagai tempat mengikatkan tali, maka ditali-tali itulah kerang hijau akan tinggal, katanya.

Ia mencontohkan, budidaya kerang tersebut seperti yang dilakukan oleh nelayan di Muara Kanal Jakarta yang sudah mencapai empat ton per hari per bagan.

“Kita mengharapkan sejalan dengan pengetahuan dan kebiasaan nelayan dari sekedar mencari ke pola memelihara akan mendekati hasil yang dicapai nelayan di Muara Kanal tersebut,” katanya.

Baca Selanjutnya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: