Posted by: marselazy | October 28, 2009

Menyelamatkan Buah Rimba Kalimantan

Sekelompok anak muda bergegas berlarian ke belakang rumah pemukiman Desa Inan, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan (Kalsel), setelah mereka mendengar ada suara buah jatuh.

Mereka berlarian untuk lebih cepat mencapai asal suara bunyi tersebut di rerimbunan pepohonan buah-buahan lahung, sejenis durian, yang ada di kawasan tersebut.

“Horeee…!” kata seorang anak muda setelah kembali seraya membawa satu buah lahung yang sudah matang dipohon dan jatuh ke tanah setelah terkena tiupan angin.

Serta merta buah tersebut dikupas. Caranya mengupas tidak seperti membelah durian, karena buah itu harus dipenggal dengan parang.

Setelah lahung terbelah, terlihatlah isi buah yang kekuningan dengan semerbak bau khas buah tersebut.

Buah lahung merupakan satu dari sekitar belasan spesies durian yang hidup di daratan Kalimantan, baik di Kalsel, Kaltim, dan terbanyak di Kalteng.

“Beda buah ini dibandingkan buah durian lainnya karena durinya yang lancip dan tajam serta panjang-panjang. Warna kulit termasuk warna duri merah kehitaman, rasanya agak berbeda dengan durian tetapi tetap enak,” kata Nurdin, penduduk setempat.

Buah itu kini sudah mulai langka, pohonnya yang tersisa hanya beberapa saja dengan usia ratusan tahun ban menjulang tinggi dengan batang yang diameternya bisa mencapai dua meter.

Akibat batang yang besar itu maka banyak pohon lahung ditebang lalu dibuat kayu gergajian oleh penduduk setempat. Kayu tersebut dijual keperusahaan kayu lapis dan industri lainnya.

Akhirnya, jumlahnya yang sudah sedikit kini terus menyusut dan mendekati kepunahan.

Read More


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: