Posted by: marselazy | December 9, 2009

Tarian Saman Khas Aceh

Aceh kaya dengan seni dan budayanya, tetapi mungkin seni yang satu ini sepertinya sudah identik dengan Aceh. Tarian Saman, demikian disebutnya. Tari Saman atau berarti “tari tangan seribu” (a thousand hand dance) berasal dari daerah Aceh Tenggara, tepatnya dari dataran tinggi Gayo.  Naman “Saman” diambil dari pencipta tari ini sekaligus mengembangkannya, yaitu Syeikh Saman, salah seorang ulama yang menyebarkan agama Islam di Aceh.

Keunikan tarian ini adalah ditarikan sambil mendendangkan syair atau lagu dalam bahasa Arab dan Aceh. Isinya adalah pesan-pesan dakwah, sindiran, pantun nasehat bahkan pantun percintaan. Tarian ini dikenal dengan beberapa nama yang berbeda, Saman Gayo di Aceh Tenggara dan Tengah, Saman Lokop di Aceh Timur dan Saman Aceh Barat di Aveh Barat.

Tari Saman dahulu ditampilkan untuk merayakan peristiwa – peristiwa penting dalam
adat dan masyarakat Aceh, seperti misalnya merayakan kelahiran Nabi Muhammad. Pada jaman modern ini tarian ini ditampilkan pada acara-acara yang bersifat kenegaraan, seperti kunjungan tamu-tamu negara, atau pada event besar lainnya seperti pembukaan sebuah festival.

Tari Saman diduga berasal dari tarian Melayu Kuno, karena menggunakan dua unsur gerak yang juga menjadi unsur dasar tarian Melayu Kuno: tepuk tangan dan tepuk dada. Bisa jadi ketika menyebarkan agama Islam, Syeikh Saman mempelajari tarian Melayu Kuno dan menarikannya dengan disertai syair-syair dakwah Islam dalam rangka berdakwah. Dalam masa modern sekarang, tarian ritual yang bersifat religius ini masih dipakai untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah.

Baca Selanjutnya

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: